Laman

26/11/10

Lukisan Topless Monalisa.

Siapa tak mengenal lukisan bertajuk Mona Lisa karya pelukis tenar Leonardo da Vinci. Tak ada yang pernah mengetahui apa hubungan si pelukis dengan modelnya itu. Lalu mengapa ada lukisan Mona Lisa tanpa penutup di bagian dadanya alias topless?
Mungkinkah Leonardo da Vinci juga melukis Mona Lisa dalam keadaan bugil ?
Pertanyaan ini terkesan lelucon, namun temuan sebuah lukisan terbaru dan kini dipamerkan di Museo Idealle, Vinci, kota kelahiran Leonardo di Italia, bukanlah lelucon.
Menurut Discovery, setelah hampir seabad tersembunyi, sebuah lukisan ditemukan di dalam dinding kayu di sebuah perpustakaan pribadi. Lukisan itu seorang wanita setengah telanjang dengan wajah mirip Mona Lisa.

Memang tidak sepenuhnya mirip dengan Mona Lisa, namun ada dugaan lukisan itu ada hubungannya dengan lukisan Mona Lisa asli yang kini tergantung di Museum Louvre di Paris.

da kaitannya dengan Mona Lisa asli da Vinci yang kini dipamerkan di Museum Louvre, Paris, Prancis.
“Raut wajahnya, posisi tangan, konsep lanskap dan kolom di sis. Semuanya identik dengan tema Mona Lisa legendaris karyanya,” papar Direktur Museum Museo Ideale, Alessandro Vezzosi.
Mona Lisa topless itu pernah dimiliki paman Napoleon Bonaparte, Kardinal Joseph Fesch (1763-1839). Saat beliau meninggal, lukisan tersimpan di dalam dinding kayu perpustakaan pribadi Fesch sebelum akhirnya berpindah-pindah tangan. Lukisan itu hingga kini masih diteliti oleh para ahli lukisan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar