Laman

15/03/11

10 Orang Ternama dan Phobianya

1. George Washington
George Washington, presiden pertama Amerika Serikat. Ia memerintahkan pasukan dalam berbagai pertempuran, membela negara, dan mempertaruhkan hidupnya untuk menyelamatkan orang lain. Ia tampaknya tak kenal takut, bukan? Salah! Ia menderita taphephobia, sebuah ketakutan akan penguburan prematur. Hal ini dinyatakan di ranjang kematiannya pada 1799 di mana ia membuat pembantu-pembantunya berjanji bahwa tubuhnya akan dibiarkan keluar selama dua hari, kalau-kalau dia masih hidup.
Mungkin ketakutan semacam itu tampak aneh bagi orang sekelas George Washington. Tapi, taphephobia memang bisa diderita orang mulia dan jelata yang hidup di abad keenam belas dan ketujuh belas. 

2. Woody Allen
Aktor gaek ini nyaris dilanda segala jenis phobia [phanophobia]. Ia takut ketinggian, ruang tertutup dan serangga. Phobianya makin lengkap mengingat ia juga takut akan war-warna cerah, binatang, lift dan selai kacang. Karena itulah, ia kemudian mengalami ketergantungan terhadap neurotik. 

3. Richard Nixon
Presiden AS yang ke-34 ini menderita nosocomephobia, yaitu suatu ketakutan luar biasa terhadap rumah sakit. Ia percaya bahwa jika ia pergi ke rumah sakit, ia tidak akan pernah keluar hidup-hidup. Pada tahun 1974, ia menderita pembekuan darah dan menolak untuk dibawa ke rumah sakit. Namun, ia diberitahu bahwa jika ia tidak mau dirujuk ke rumah sakit, ia akan mati. 

4. Alfred Hitchock
Alfred Hitchcock, seorang sutradara Hollywood dan produser film terkenal seperti Psycho dan Vertigo, memiliki rasa takut yang ekstrim terhadap telur [ovophobia]. Ia mengatakan bahwa telur sangat menjijikkan! Ia menyatakan bahwa dirinya tidak pernah mencicipi telur sepanjang hidupnya, bahkan menolak untuk sekedar berada di sekitar mereka. 

5. Sigmun Freud
Sigmund Freud, ahli saraf yang mendirikan sekolah psikoanalis psikiatri dan menciptakan  banyak teori yang mengubah dunia, ternyata takut pada senjata dan pakis. Ia sering berkata bahwa rasa takut pada senjata adalah tanda kematangan seksual dan emosional. Adapun fobia pakis, sulit untuk tahu dari mana rasa takut ini ini berasal. 

6. Oprah Winfrey
Oprah, sang ratu televisi, memiliki fobia permen karet. Ketakutannya terhadap permen karet bermula ketika pada masa kanak-kanak neneknya mengumpulkan permen dan menyimpannya di kabin. Entah kenapa, ia begitu jijik dan menyebabkannya takut pada permen karet seumur hidupnya. Suatu kali, katanya, ia membuang piring karena terdapat sepotong permen karet di atasnya!

7. Natalie Wood
Aktris yang terkenal lewat film-film, seperti Miracle on 34th Street dan West Side Story, menderita hydrophobia [rasa takut akan air]. Khususnya, saat berada di dalam air. Meskipun tidak diketahui secara pasti sejak kapan ia menderitanya, tapi dikabarkan bahwa ketakutannya itu dimulai ketika ia berdiri di atas sebuah jembatan untuk sebuah film. Dan, ia  jatuh ke dalam air di bawah jembatan. Hal ini terjadi ketika ia masih muda. Ironisnya, dia meninggal karena tenggelam setelah jatuh dari kapal pesiar.

8. Billy Bob Thornton
Aktor, sutradara, musisi dan penulis ini memiliki banyak ketakutan. Ia menderita chromophobia atau takut terhadap warna-warna cerah. Dan masih ada lagi! Dia memiliki rasa takut pada mebel antik! Setiap furnitur yang dibuat sebelum tahun 1950 benar-benar memberinya keanehan dan ketakutan. Menurut laki laki ini yang juga mantannya Angelina Jolie, pernah dia berada di sebuah restoran yang dipenuhi mebel antik sehingga dia tidak bisa makan, minum atau bahkan menarik napas. Terakhir, dia takut pada badut [coulrophobia]. Rasa takut yang satu ini juga dialami Johnny Depp.

9. Nikola Tesla
Nikola Tesla adalah seorang penemu terkenal. Di antaranya, ia berhasil menemukan elektromagnetisme dan listrik. Tentang phobianya, dirinya seorang germaphobe yang menghindari menyentuh orang dan hal lain yang dipikirnya mengandung kuman. Karenanya, ia sangat sering mencuci tangan.
Selain germaphobia, ia juga sangat takut pada perhiasan, terutama anting-anting yang terbuat dari  mutiara. Ia sangat muak terhadap mutiara. 

10. Napoleon Bonaparte
Napoleon Bonaparte. Kaisar Perancis, pemimpin militer dan politikus besar, ini ternyata takut pada kucing! Ketika melihat kucing ia bisa langsung panik, sepanik-paniknya. Tidak diketahui mengapa ia sampai takut pada kucing.
Dan… bukan hanya Napoleon yang takut pada kucing. Banyak tokoh  dunia yang takut pada kucing. Termasuk, Hitler, Mussolini dan Julius Caesar!

sumber : http://gombhalmukiyo.blogdetik.com/10-orang-terkenal-dan-phobianya/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar