Laman

19/03/11

STADION PIALA DUNIA 2022 DI QATAR

eperti yang sudah ditetapkan fifa, ± 12 tahun dari sekarang qatar akan menjadi tuan rumah piala dunia 2022. Qatar sukses mengungguli 10 negara yg sudah mencalonkan diri sebagi tuan rumah perhelatan sepak bola terbesar sejagat ini, yaitu: Australia, inggris, indonesia, jepang, meksiko, dan amerika serikat. Selain itu, qatar juga sukses menyingkirkan dua pencalonan bersama dari belgia dan belanda, serta spanyol dan portugal.

Perencanaan untuk acara 4 tahunan sekali ini pun telah dimulai oleh qatar dengan harapan pesta sepak bola terbesar di dunia ini bisa berjalan dengan spektakuler. Kini, qatar sudah mulai membangun stadion bertenaga surya, yang akan menjadi salah satu keajaiban arsitektur hijau saat ini.

Stadion yang diberi nama 'lusail iconic stadium' ini diharapkan sudah siap pakai dalam 5 tahun mendatang. Untuk merealisasikannya, pemerintah qatar telah menunjuk 5 arsitek terkenal dalam bidang desain ramah lingkungan. Tentu saja, kabar baiknya adalah bahwa sinar matahari akan menjadi bagian utama dari pembangkit listrik stadion ini. Ini adalah salah satu fitur yang akan menjadi sistem ekologi terbaru, yang akan dimasukkan ke seluruh stadion. Sistem dengan pengendalian iklim karena akan menjaga suhu tetap di bawah 82 derajat f. Sungguh menakjubkan, mengingat bahwa pada dasarnya suhu di qatar dikenal sebagai yang tertinggi di bumi. Selanjutnya, sistem ini akan didukung oleh teknologi perancangan energi berkelanjutan yang akan membuat stadion ini dapat menyimpan sumber tenaga dari matahari untuk dipakai di malam harinya. Di stadion ini pun nantinya akan dilengkapi fasilitas pusat perbelanjaan, zona spa, mall dan fitur menarik lainnya.

Berikut Nama Stadium-Stadium Di Qatar
1.lusail iconic stadium
 
 
tidak hanya itu, stadium yang berkapasitas 86.250 orang ini juga menjanjikan pelayanan yang optimal untuk para supporter yg melihat langsung tim kesayangannya dengan balutan suasana yang sejuk dan nyaman yang diatur oleh teknologi penyejuk udara ramah lingkungan.


Terletak di kawasan berkembang di doha utara, tentu saja stadion ini pun menjanjikan kemudahan akses transportasi untuk para supporter / wisatawan asing.

Bahkan,saat stadion tidak digunakan. Energi yg sudah terkumpul akan dipakai untuk memasok listrik di lingkungan sekitarnya!

Selain stadion lusail iconic ini, masih ada 11 stadion lain yang telah disediakan oleh pemerintah qatar. Ini dia stadion - stadion megah itu.

2. Doha port stadium

stadion ini berkapasitas sekitar 44.950 orang. Stadion ini berada di sebuah teluk dan di disain untuk mempermudah akses melalui transportasi air. Air yang berasal dari teluk itu juga mendukung proses pendinginan di sekitar stadion dan menimbulkan kesan yang sangat alami di sekitar stadion. Para pengunjung bisa mencapai stadion ini dengan menggunakan taxi atau ferry dengan mudah. Karena stadion ini juga dilengkapi dengan 9 dermaga tempat bersandarnya kapal.

3. Sports city stadium


arsitektur stadion ini diilhami oleh arsitektur tenda tradisional arab dan akan memiliki 47.560 kursi. Dengan atap yang mampu di buka dan di tutup, serta lapangan yang juga bisa ditarik, stadion ini akan menjadi fasilitas yang multi fungsi pada saat digelarnya piala dunia fifa 2022. Dengan berbagai fasilitas ini, stadion sport city selain sangat baik digunakan untuk pertandingan sepak bola, juga dapat digunakan dengan baik untuk konser, pertunjukan, teater, dan berbagai kegiatan atletik lainnya selain sepak bola.

4. Education city stadium
education city stadium ini berbentuk seperti sebuah berlian, berkilau di siang hari dan bersinar di malam hari. Stadion yang memiliki 45.350 tempat duduk ini berada di tengah beberapa kampus universitas di kota pendidikan di qatar. Sehingga akan sangat mudah dijangkau baik dari qatar atau dari bahrain.setelah piala dunia 2022 direncanakan stadium ini akan mampu menampung 25.000 kursi untuk kegiatan atletik team universitas di sana.

5. Umm slal stadium
Umm Slal Stadion, yang terletak di sekitar salah satu benteng Qatar paling historis penting, akan memiliki 45.120 kursi. Desain sebuah interpretasi modern dari benteng tradisional Arab, seperti yang ada di dekat Umm Slal Mohammed. Setelah Piala Dunia FIFA , kapasitas tempat duduk akan dikurangi menjadi 25.500. Stadion ini akan digunakan oleh Umm Slal F.C.

6. Qatar university stadium
Menggantikan jalur yang ada sekarang dan stadion lapangan di kampus Universitas Qatar, Qatar University Stadion akan memiliki 43.520 kursi. Campuran stadion fasade emas tradisional Arab pola geometris dengan bentuk permukaan bebas terbuka. Stadion ini akan digunakan oleh atlet mahasiswa mengikuti Piala Dunia FIFA ™, dengan kapasitas tempat duduk 23.500.

7. Al-gharafa stadium
Kapasitas 21.175 ada Al-Gharafa stadion akan diperluas untuk 44.740 kursi menggunakan elemen modular membentuk tingkat atas. Pemandangan akan terdiri dari pita yang mewakili bangsa-bangsa yang lolos ke Piala Dunia 2022 dan akan melambangkan persahabatan sepak bola dan toleransi, dan saling menghormati.

8. Al-khor stadium
Al-Khor adalah merek baru berkapasitas 45.330 stadion dengan motif kerang yang menakjubkan dan atap yang fleksibel. Tingkat lebih rendah 25.500 kursi permanen dan kursi modular tingkat atas 19.830. Stadion penonton menawarkan pemandangan yang menakjubkan dari Teluk Arab dari kursi mereka dan akan terletak di zona olahraga dan rekreasi.

9. Khalifa international stadium
Kembali mengingat untuk Qatar sukses tuan rumah Asian Games 2006, kapasitas saat Khalifa International Stadium's 50.000 akan diperluas ke 68.030 untuk Piala Dunia 2022 FIFA ™. Stadion, yang meliputi busur menyapu dan sebagian tertutup berdiri, adalah pusat dari Aspire Zone, sebuah kompleks olahraga yang meliputi Akademi Aspire untuk Olahraga Excellence, ASPETAR Olahraga Kedokteran Rumah Sakit dan banyak tempat-tempat olahraga lainnya

10. Al shamal stadium
stadion Al-Shamal akan memiliki kapasitas 45.120, dengan tetap rendah tingkat dari 25.500 kursi dan modular atas tingkat dari 19.620 kursi. Bentuk stadion berasal dari perahu "dhow" memancing digunakan di Teluk. Penonton diharapkan datang dari oha Expressway, water taxis, the Bahrain-Qatar Friendship Bridge and the new metrorail.

11. Al wakrah stadium
Al-Wakrah adalah salah satu kota tertua Qatar, dengan sejarah panjang penangkapan ikan komersial dan menyelam mutiara. Al-Wakrah stadion, dengan kapasitas 45.120, mengambil isyarat dari laut yang telah memainkan seperti peran penting dalam sejarah kota. Setelah Piala Dunia FIFA ™, kapasitas stadion akan dikurangi menjadi 25.500 kursi.

12. Al rayyan stadium
Al-Rayyan adalah Stadion dengan kapasitas 21.282 tempat duduk akan diperluas jadi 44.740 kursi menggunakan elemen modular untuk membentuk tingkat atas. Stadion ini dirancang dengan penglihatan khusus "media membran" yang bertindak sebagai layar untuk memproyeksikan berita dan update saat ini. Stadion ini akan dirampingkan untuk kapasitas saat setelah turnamen.

sumber :
http://www.kaskus.us/showthread.php?t=6903077
http://petunjuk-huda.blogspot.com/2010/12/rencana-stadion-yang-dibuat-untuk-piala.html

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar